Tokoh Tokoh: Neil Amstrong, Manusia pertama di Bulan

Tuesday 19 May 2015

Neil Amstrong, Manusia pertama di Bulan

Neil Amstrong atau yang memiliki nama lengkap Neil Alden Amstrong lahir pada 5 Agustus1930 di sebuah peternakan milik kakeknya di Auglaize County, Ohio. Amstrong adalah orang pertama yang menginjakkan kakinya di permukaan bulan dengan menggunakan pesawat Apollo 11 pada tanggal 20 Juli 1969 dengan ditemani oleh Edwin Aldrin. Amstronglah yang pertama menginjakkan kakinya saat keluar dari pesawat dan melakukan eksplorasi permukaan bulan.

Sejak berumur 13 tahun, Amstrong sangat tertarik untuk mengembangkan tentang penerbangan. Ia sangat suka pesawat terbang. Dia begitu terpesona dengan ilmu penerbangan saat pertama kalinya bisa menerbangkan pesawat terbangnya mainannya di umur 6 tahun.



Tahun 1947, Amstrong masuk ke Purdue University untuk belajar tentang ilmu teknik penerbangan. Tetapi pada 1949, pemerintah AS memanggil warganya untuk aktif dalam tugas negara sehingga akhirnya menjadi penerbang untuk AL, dan dikirim ke korea di tahun 1950 dimana saat itu mulai terjadi perang Korea. Ia menerbangkan pesawat tempur jet Panther.

Tahun 1952, dia kembali ke Purdue University dan menuntaskan pendidikan dibidang ilmu penerbangan. Setelah lulus di tahun 1955., ia melamar di sebuah lembaga riset penerbang, National Advisory Committee for Aeronautics High-Speed Flight Station di Edwards Air Force Base tetapi disana tidak terbuka lowongan. Lamarannya pun diteruskan ke Lewis Flight Propulsion Laboratory di Cleveland dimana Amstrong mulai bekerja di sana pada Maret 1955. Karier Armstrong di Cleveland hanya beberapa bulan saja, dan pada bulan Juli 1955, ia kembali ke Edwards AFB untuk pekerjaan barunya.

Amstrong hampir mengalami kecelakaan pesawat di hari pertama bekerja di Edwards. Saat itu dia menerbangkan pesawat Boeing B-29 superfortress bersama komandan Stan Butchart. Pada ketinggian 30.000 ft ( 9 km ), mesin nomor 4 mati. Dengan usaha yang berat, akhirnya ia bisa mendarat dengan selamat dengan hanya 2 mesin yang nyala, mesin nomor 3 dimatikan karena kerusakan.

Penerbangan pertama Amstrong dengan roket terjadi pada 15 Agustus 1957 menerbangkan pesawat Bell X-1B dan berhasil menembus ketinggian 11,4 mil (18,3 km ). Saat mendarat dia merusak hidung pesawat. Ia kemudian menerbangkan North American X-15. Armstrong mampu menerbangkannya tujuh kali sebelum September 1962, dan pada penerbangan X-15 terakhirnya, ia mencapai ketinggian 207,500 feet (63.2 km).

Pada tahun 1958, ia terpilih untuk mengikuti program Man In Space Soonest oleh Angkatan Udara AS. Bulan November 1960, Armstrong terpilih menjadi bagian dari kelompok konsultan pilot untuk Boeing X-20 Dyna Soar, sebuah pesawat luar angkasa militer dan pada 15 Maret 1962, ia dinyatakan sebagai satu dari enam pilot-teknisi yang akan menerbangkan pesawat tersebut setelah selesai dirancang. Amstrong pun akhirnya masuk ke NASA Astronaut Corps pada September 1962 setelah di ajak oleh Deke Slayton.

Pendaratan di permukaan bulan terjadi pukul 20:17:39 UTC tanggal 20 Juli 1969. Ia kemudian memijakkan sepatu kirinya di permukaan bulan pada pukul 2:56 UTC, 21 Juli 1969. Ia lalu mengucapkan kalimat :

"That's one small step for a man, One giant leap for mankind"

"sebuah langkah kecil bagi seorang manusia, Satu lompatan besar bagi umat manusia"

Aldrin pun menginjakan kakinya dipermukaan bulan setelah 15 menit Neil Amstrong turun di permukaan bulan. Sebelum kembali ke bumi Neil Amstrong meninggalkan sebuah benda kenangan di bulan dari Kosmonot soviet Yuri Gagarin.

Pendaratan di bumi dilakukan dengan Induk pesawat dan berhasil mendarat dengan baik di lautan Pasifik. Crew Apollo11 dijemput oleh kapal USS HORNET. Setelah misi Apollo 11, Amstrong sudah tidak berniat lagi untuk melakukan penerbangan luar angkasa. Ia menetap sebagai Deputy Associate Administrator for aeronautics for the Office of Advanced Research and Technology (DARPA). Dia membantu di sana selama 13 bulan. Dia pun mundur dari DARPA maupun NASA pada Agustus 1971. Kemudian dia mengajar di Departemen teknik luar angkasa (Department of Aerospace Engineering) di universitas Cincinnati. Selain mengajar di cincinnati dia juga mengajar di universitas lainnya, termasuk sekolahnya dulu, Purdue University. Amstrong mencapai gelar Professor of Aerospace Engineering di Universitas Cincinnati. Setelah 9 tahun mengajar, tahun 1979 dia pensiun mengajar. Jabatan terakhir dibidang lain ialah chairman of the board of Computing Technologies for Aviation, a company that develops software for flight scheduling, yang dipegang dari tahun 1982 sampai 1992.

Neil Amstrong meninggal dunia pada tanggal 25 Agustus 2012 setelah mengalami komplikasi akibat berbagai prosedur kardiovaskuler akibat menjalani operasi untuk membebaskan arteri koronernya awal bulan Agustus. Beberapa jam kemudian, Presiden Barack Obama merilis pernyataan mengenai kematian Armstrong dan menyebutnya sebagai "salah seorang terhebat di antara pahlawan-pahlawan Amerika Serikat – tidak hanya pada masanya, namun sepanjang masa".

No comments :

Post a Comment