Tokoh Tokoh: Friedhelm Hillebrand, Penemu Short Message Service (SMS)

Friday 15 May 2015

Friedhelm Hillebrand, Penemu Short Message Service (SMS)

Friedhelm Hillebrand.
Hampir seluruh orang di seluruh dunia pernah menggunakan Short Message Service atau yang sering disebut SMS. SMS sangat banyak digunakan orang sebelum aplikasi chatting digunakan. Siapakah penemu dari SMS? Dia adalah Friedhelm Hillebrand.
Friedhelm Hillebrand dilahirkan di Warstein, Jerman pada tahun 1940. Pada tahun 1968, dia mendapatkan gelar Master Of Science dari Technical University of Aachen. Lalu setelah mendapatkan gelar tersebut, ia bergabung dengan Lembaga Penelitian AEG Telefunken di Ulm dan bekerja pada konsep sistem switching elektronik. Pada tahun 1970, Hillebrand memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan telekomunikasi nasional bernama Deutsche Bundespost. Dan dari tahun 1976, Hillebrand dipercaya menjadi penanggung jawab dalam hal pengembangan konsep paket X.25 switching untuk jaringan DATEX-P. Dia kemudian dipercaya menjadi manajer proyek ppointed untuk sistem komunikasi bergerak generasi berikutnya pada tahun 1983.

Dari November 1984, Friedhelm Hillebrand bergabung dalam pleno GSM. Ia memberikan kontribusi dibidang telekomunikasi untuk jasa desain, roaming internasional dan metode kerja manajemen. Pada 1987-1988, ia menjabat sebagai Ketua pendiri GSM data kelompok. Sejak pertengahan 1987, Hillebrand bertanggung jawab atas kontribusi GSM dari Deutsche Bundespost, dan berkerjasama dengan operator GSM dan pelaksanaan jaringan D1 GSM di Jerman. Dia bertanggung jawab untuk sistem D1 dan jaringan dan mendukung sistem TI hingga akhir tahun pada tahun 1992.

Konsep SMS pertama kali dikembangkan oleh kerjasama Friedhelm  Hillebrand dan peneliti seluler Prancis bernama Bernard Ghillebaert pada tahun 1984. SMS pertama dikirimkan oleh Neil Papworth pada 1992 kepada Richard Jarvis, salah satu pegawai Vodafone. Karena ponsel saat itu tidak dilengkapi keyboard, Papworth mengetikkan pesannya pada komputer. Bunyi pesan SMS pertama yang dikirim Papworth saat itu adalah "Merry Christmas". Ponsel GSM versi awal tidak dapat digunakan untuk mengirim SMS. Pada masa itu SMS hanya digunakan untuk mengirimkan peringatan dari operator kepada pengguna ponsel. Pada tahun 1993 Nokia menjadi produk yang pertama kali membuat ponsel dengan kemampuan kirim SMS.
Meski SMS tak langsung direspon positif oleh para pengguna ponsel, namun konsep penggunaan SMS berkembang sangat pesat hingga sekarang, bahkan mengalahkan penggunaan telepon. Saat pertama dikembangkan, penggunaan SMS belum memasyarakat seperti sekarang. Waktu itu, rata-rata pengguna telepon GSM hanya mengirimkan 0,4 SMS per bulan. Ini terjadi karena fasilitas untuk mengirim SMS waktu itu masih sangat terbatas. Tapi dalam perkembangannya, SMS kemudian menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Secara mengejutkan perkembangan penggunaan SMS terjadi tahun 2000. Waktu itu, setiap pengguna telepon seluler GSM mengirim 35 SMS setiap bulan. Di tahun 2006, keuntungan yang diraih oleh semua operator GSM di seluruh dunia dari bisnis SMS mencapai 60 miliar dolar Amerika. Harga rata-rata pengiriman SMS di dunia 0,11 dolar Amerika. Sehingga banyak yang menyebut Friedhelm Hillebrand sebagai "Bapak SMS".


Referensi :
http://www.biografiku.com/2012/12/biografi-friedhelm-hillebrand-penemu.html

No comments :

Post a Comment