Tokoh Tokoh: John Harvard, Pendiri Harvard College

Friday 22 May 2015

John Harvard, Pendiri Harvard College

Universitas Harvard adalah salah satu dari universitas terbaik di dunia. Banyak remaja yang telah lulus SMA ingin melanjutkan kuliah di Harvard. Universitas Harvard didirikan oleh John Harvard. John Harvard lahir pada tanggal 26 November 1607 dan meninggal pada tanggal dan kemudian meninggal pada Tanggal 14 September 1638. Dia adalah seorang pendeta Inggris. Ia menyumbangkan separuh hartanya dan perpustakaannya untuk mendirikan sebuah sekolah dan menjalankannya secara terus-menerus. Jembatan Harvard dinamakan atas namanya, seperti juga Perpustakaan John Harvard di Southwark, London.


John Harvard dilahirkan dan dibesarkan di Southwark yang berada di tepi selatan Sungai Thames, di seberang Kota London. Dia adalah anak keempat dari sembilan bersaudara dari pasangan Robert Harvard  yang bekerja sebagai seorang tukang daging dan pemilik kedai dan Katherine Rogers yang berasal dari Stratford-upon-Avon. Ayahnya yang bernama Thomas Rogers adalah orang yang kadang dianggap telah menjadi rekan John Shakespeare, ayah dari William Shakespeare. Dia dibaptis di gereja paroki (sekarang Southwark Cathedral) pada tahun 1607. John Harvard dididik di Grammar School St Juruselamat di Southwark. Pada tahun 1625, ayahnya, saudara tiri, dan dua saudara meninggal karena wabah penyakit.

Harvard kemudian belajar di Emmanuel College, Cambridge pada Desember 1627 dan menerima gelar BA pada tahun 1632. Kemudian ibunya Katherine meninggal pada 1635. John kemudian menikah dengan Ann Sadler (1614-1655) pada bulan April tahun 1636. Dia adalah putri dari Pendeta John Sadler dan adik dari John Sadler, pengacara sekaligus seorang orientalis. Pada Mei 1637 ia pindah bersama istrinya ke New England dan menetap di Charlestown di mana banyak dari teman sekelasnya telah tiba disana. Menteri Charlestown membuatkannya sebuah Gereja, tetapi tahun berikutnya ia terjangkit penyakit tuberkulosis dan meninggal pada tanggal 14 September 1638. Ia dimakamkan di Lapangan Jalan Phipps di Charlestown.

Sebagian harta John (sekitar £ 779 dan setengah dari tanah miliknya) dan perpustakaannya diwariskan untuk pembangunan New College yang didirikan pada 8 September 1636. Universitas ini merupakan universitas tertua di Amerika Serikat. New College lalu berganti nama menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati John Harvard. Temannya yang bernama Nathaniel Eaton menjadi kepala sekolah atau rektor pertama perguruan tinggi ini. Catatan Eaton menunjukkan bahwa pembangunan kampus baru dimulai segera pada tahun 1638 dengan bantuan tukang kayu Thomas Meakins dan anaknya, Thomas Meakins Jr dari Charlestown. Universitas ini benar-benar dibangun dari kayu dan punya kebun apel sendiri, dan dilengkapi dengan tempat tinggal atau asrama bagi sekitar 30 mahasiswa. Pada tahun 1828, Alumni Harvard mendirikan sebuah monumen granit yaitu Patung john Harvard. Harvard adalah pertama disebut sebagai universitas ketimbang sebuah perguruan tinggi di Konstitusi Massachusetts pada tahun 1780.

Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia US$ 22,6 miliar pada tahun 2004, hampir dua kali lipat dari Universitas Yale yang merupakan pesaing terdekatnya.


No comments :

Post a Comment