Tokoh Tokoh: David Beckham, Pesepakbola Inggris

Friday 15 May 2015

David Beckham, Pesepakbola Inggris


Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya David Beckham? Hampir semua orang mengenal David Beckham baik karena kemampuannya bermain sepakbola, maupun ketampanannya. Mari kita bahas biografi David Beckham.
David Beckham atau yang memiliki nama lengkap David Robert Joseph Beckham lahir pada tanggal 2 Mei 1975 di Leytonstone, London. Ia adalah mantan pemain dari Manchester United,  Preston North End, Real Madrid, AC Milan, , LA Galaxy, dan Paris Saint German. Dia adalah pemain yang terkenal dengan umpan silang dan kemampuan menendang tendangan bebasnya. Beckham merupakan pemain pertama yang mampu meraih gelar liga di empat negara yaitu Inggris, Spanyol, Amerika Serikat dan Prancis.

Karir Klub

Karir profesional David berawal di Manchester United pada 1992 dimana dia membuat debut pertamanya ke tim-inti sebagai pemain pengganti di ajang Piala Liga saat melawan Brighton & Hove Albion. Pada tanggal 7 Desember 1994, Beckham membuat debutnya di Liga Champions dan berhasil mencetak 1 gol ketika melawan Galatasaray. Dia kemudian dipinjamkan ke Preston North End di musim 1994–1995 untuk mendapatkan pengalaman. Ia pun kembali ke Manchester United dan membuat debutnya di Premier League pada tanggal 2 April 1995 melawan Leeds United yang berakhir tanpa gol. Di bulan Agustus 1996 David Beckham mencetak gol spektakuler ke gawang Wimbledon yang pada saat itu dikawal Neil Sullivan. Ia mencetak gol dari tengah lapangan. 

Bersama MU, dia memenangkan 6 gelar juara Premier League, 2 kali piala FA Cup, Liga Champions 1999, Piala Interkonental dan Piala FA Youth. Pada musim 2002, hubungan Beckham dengan pelatihnya Sir Alex Ferguson memburuk setelah Ferguson marah ketika Manchester United kalah dari Arsenal. Di kamar ganti,  Ferguson menendang sepatu bola dan mengenai pelipis mata Beckham. Akibat insiden ini, pelipis Beckham harus mendapat 13 jahitan.

Di awal musim 2003/2004, Beckham hijrah ke Real Madrid dengan harga sebesar 35 juta Euro. Di Madrid, karena nomor 7 sudah dipakai Raul, maka ia memakai nomor punggung 23 yang merupakan nomor punggung idolanya Michael Jordan . Dia dengan cepat menjadi idola para penggemar Real Madrid namun sayang ia belum dapat memberikan gelar kepada Real Madrid hingga 3 musim kedepan. Pada musim ke-4 yang juga musim terakhir dia di Real Madrid, Ia akhirnya mendapatkan Juara La Liga musim itu. 

Pada Januari 2007, Beckham sepakat untuk pindah ke klub sepakbola Amerika Serikat LA Galaxy dengan kontrak selama 5 tahun. Pada Oktober 2008, AC Milan ingin meminjam Beckham dan terkabul. Beckham lalu bermain di AC Milan dan kembali ke LA Galaxy pada Maret 2009.

Usai kembali ke LA Galaxy hingga masa kontraknya berakhir, Beckham memutuskan untuk kembali berkarier di Eropa. Pada Januari 2013, Beckham membuat kesepakatan dengan klub kaya baru asal Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain. Gaji 150,000 Euro per pekan yang ia terima akan didonasikan seluruhnya. Beckham pun memutuskan untuk pensiun di Paris Saint Germain pada akhir musim. Pertandingan terakhirnya adalah melawan Brest. Laga itu menjadi laga yang emosional bagi Beckham. Ia menangis saat ditarik keluar pada babak kedua dan mendapatkan standing ovation dari publik PSG. Beckham turut menyumbangkan satu assist untuk gol Blaise Matuidi di pertandingan tersebut.

Karir Tim Nasional

Dia melakukan debutnya untuk tim nasional Inggris pada tanggal 1 September 1996 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia menghadapi Moldova. Pada Piala Dunia 1998, Beckham tidak bermain di dua laga awal tetapi ia bermain ketika Inggris menghadapi Kolombia dan ia ikut membuat 1 gol di pertandingan itu. Di pertandingan melawan Argentina, ia diganjar kartu merah setelah menendang Diego Simeone dengan sengaja. Pertandingan itu dimenangi Argentina melalui adu penalti. Publik Inggris menanggap kegagalan Inggris memenangkan Piala Dunia disebabkan Beckham dan bahkan penggemar Manchester United juga menyalahkan Beckham.

Beckham ditetapkan sebagai kapten Inggris pada tanggal 15 November 2000 dan ikut bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Puncak kepahlawanannya terjadi ketika menghadapi Yunani pada 6 Oktober 2001, di pertandingan terakhir kualifikasi piala dunia, Inggris setidaknya perlu meraih 1 poin untuk dapat bermain di Piala Dunia, Inggris tertinggal 2-1 dan waktu tersisa sedikit lagi. Di saat para pemain Inggris bermain buruk, Beckham menjadi inspirator. Sesaat sebelum pertandingan berakhir, Teddy Sheringham dilanggar pemain Yunani. Inggris mendapat tendangan bebas dan Beckham mengambil tendangan bebas itu. Tendangan bebas melengkung khasnya berhasil memperdaya kiper Yunani sehingga Inggris pun lolos ke Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2002, dia bermain di seluruh pertandingan. Dia juga mencetak gol ke gawang Argentina melalui tendangan penalti, sekaligus membalas dendamnya pada Argentina. Karena gol Beckham, Argentina tersingkir dari Piala Dunia 2002. Langkah Inggris terhenti di babak 8 besar setelah kalah 2-1 dari Brasil.

Di babak penyisihan piala dunia 2006,  Inggris menang 1-0 atas Paraguay, kemudian menang 2-0 atas Trinidad dan Tobago melalui gol Peter Crouch yang memanfaatkan umpan Beckham dan memberi umpan lain untuk Steven Gerrard, serta bermain imbang 2-2 dengan Swedia. Di babak 16 besar, dia menjadi pahlawan setelah ia mencetak satu-satunya gol di pertandingan melawan Ekuador melalui tendangan bebas. Sesaat sebelum pertandingan, Beckham sakit dan setelah mencetak gol dia mengalami dehidrasi dan muntah di pinggir lapangan. Inggris kalah dari Portugal melalui adu penalti 3-1 setelah dalam waktu normal bermain seri 0-0. Sehari setelah tersingkir Beckham menyatakan pensiun dari jabatan kapten timnas Inggris, tapi masih ingin bermain untuk timnas Inggris.

Di babak penyisihan piala dunia 2010, Beckham yang dimainkan pada menit ke-58 oleh Fabio Capello di laga melawan Belarusia. Laga tersebut berakhir 3-0 dengan 1 assist dari Beckham. Laga itu menjadi laga terakhir dari Beckham karena ia mengalami cedera menjelang piala dunia 2010. Ia total mempunyai 115 caps untuk inggris. Jumlah tersebut adalah terbanyak kedua setelah Peter Shilton yang mempunyai 125 caps.


1 comment :

  1. Komentar Kali ini Akan Memberitahukan Info Untuk Pertandingan atau Prediksi Yang Akan Secara Langsung

    Berikut Dibawah Komentar Kali ini Akan Memberitahukan Prediksi Bola Yang Akan Bermain

    Silakan Kunjungi Artikel Prediksi Bola Dari Hasil Bola
    https://hasilbola.vip/tag/prediksi-bola/

    Prediksi Bola Atl Madrid vs Getafe 19 Agustus 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/2425/atl-madrid-vs-getafe-19-agustus-2019/

    Prediksi Bola Wolves vs Manchester United 20 Agustus 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/2429/wolves-vs-manchester-united-20-agustus-2019/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    ReplyDelete